Advertisement

Badai Matahari 2012 dan Kiamat

Badai Matahari – Peristiwa badai matahari yang diperkirakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan terjadi pada tahun 2012-2015 sontak mengguncang penduduk bumi. Banyak masyarakat yang menghubungkan kejadian badai matahari ini dengan ramalan kuno dari suku maya yang menyebutkan akan terjadi kiamat pada tahun 2012 ini. Dunia maya pun heboh social media semacam twitter menjadi ramai oleh kicauan bertopik badai matahari dan kiamat ini.

Tetapi apakah benar, peristiwa badai matahari yang diperkirakan mencapai puncaknya di tahun 2013 akan menyebabkan terjadinya kiamat? Pada postingan kali ini ArieSense.com akan mencoba menjawab teka-teki tersebut setelah pada postingan sebelumnya blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini memposting sebuah artikel tentang Kiat Esemka. Berikut adalah penjelasan tentang peristiwa badai matahari ini.

Proses terjadinya badai matahari

Badai Matahari

badaimatahari Badai Matahari 2012 dan Kiamat

Badai Matahari 2012

Badai matahari sebenarnya merupakan peningkatan aktifitas matahari biasa, badai matahari sendiri yang biasa disebut dengan nama ilmiah Coronal Mass Ejection (CME) terjadi akibat pelepasan energi besar dari permukaan matahari yang radiasinya menyebar ke luar angkasa hingga mencapai atmosfer bumi. Pada saat terjadi peristiwa tersebut matahari akan melepaskan semburan energi dahsyat setara seratus juta kali ledakan bom hidrogen.

Badai matahari
terdahsyat menurut catatan sejarah terjadi pada tahun 1859 yang dikenal dengan peristiwa Carrington. Peristiwa yang terjadi pada tanggal 1-2 September 1859 ini menyebabkan kekacauan pada sistem telegraf diseluruh benua Eropa dan Amerika Utara. Nah menurut para ahli peristiwa badai matahari yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan tahun 2012 sampai dengan tahun 2013 ini mendatang akan menyebabkan gangguan pada peralatan telekomunikasi modern seperti sistem komunikasi perbankkan dan satelit.

Terkait badai matahari ini para peneliti di Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan bahwasanya peristiwa badai matahari ini merupakan peristiwa tata surya yang rutin dan wajar. Peristiwa badai matahari ini hanya akan berdampak pada sistem kelistrikan dan medan elektromagnetik, seberapa jauhkah dampak tersebut berpengaruh pada sistem telekomunikasi? Semua itu tergantung dari upaya pemerintah di dalam melakukan tindakan preventif sebelum terjadinya peristiwa badai matahari.

Badai matahari dan kiamat
Terus apa hubungannya antara badai matahari dan terjadinya kiamat? Apakah benar badai matahari tersebut merupakan awal kejadian kiamat di tahun 2012 seperti yang diramalkan oleh suku maya?. Yang jelas segala ramalan tentang kiamat termasuk ramalan yang mengaitkan antara peristiwa badai matahari dan terjadinya kiamat sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam. Karena waktu terjadinya kiamat merupakan hak preogratif Allah SWT semata, tidak ada siapun yang mengetahui kapan terjadinya kiamat. Yang perlu di lakukan oleh seorang muslim adalah wajib mengimani dan membenarkan bahwa kiamat itu pasti akan datang.

Berikut ini adalah dalil-dalil yang mewajibkan kita semua beriman kepada hari kiamat :

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘kapankah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba’. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.” (QS. Al-A’raf: 187)

“Iman itu adalah engkau percaya kepada adanya Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab Suci-Nya, utusan-utusan-Nya, hari akhir dan engkau yakin takdir baik dan buruknya.” (H.R Tirmidzi, Nasa’i, Abu Daud dari Umar ibn Khattab)

Apakah peristiwa badai matahari yang akan terjadi merupakan tanda-tanda akan datangnya kiamat? Hanya Allah SWT yang tahu dan bisa menjawabnya sesuai dengan firman-Nya.

“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?” (QS. Muhammad: 18)

Jadi yang sebaiknya dilakukan oleh kita semua adalah hendaknya mengambil pelajaran atau hikmah dibalik terjadinya badai matahari ini, badai matahari yang digambarkan oleh para peneliti setara dengan seratus juta kali ledakan bom hidrogen menunjukkan kepada kita semua betapa Maha Besarnya Allah SWT sang pencipta alam semesta ini, dan betapa kecilnya kita makhluk ciptaan-Nya yang penuh dosa ini.

Semoga postingan Badai Matahari 2012 dan Kiamat ini bisa bermanfaat bagi anda semua pengunjung setia blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini. Jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan dan salam.

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply