Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya

By | December 22, 2012
  • Sharebar

Bagian-bagian CPU – CPU atau Central Processing Unit sebenarnya mengacu pada perangkat keras komputer yang bernama Processor, karena terjadi salah penyebutan antara CPU dan casing maka istilah CPU mengalami pergeseran makna di tengah masyarakat awam, dari yang semula processor menjadi casing tempat motherboard dan perangkat-perangkat keras lainnya di tempatkan. CPU merupakan pusat dari proses pengolahan data, keberadaan CPU cukup penting sekali untuk proses pekerjaan. Tahukah anda sebenarnya di dalam CPU tersebut terdapat perangkat keras apa saja? Sampai-sampai CPU di katakan sebagai otak dari komputer.

Pada kesempatan posting kali ini blog berbagi informasi dan tips terbaru akan mengulas tuntas bagian-bagian dari CPU, setelah kemarin juga mengulas tentang bagian-bagian komputer secara umum.
CPU terdiri dari berbagai macam perangkat keras yang masing-masing perangkat keras mempunyai fungsi tersendiri dalam proses pengolahan data. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang anda miliki maka perangkat keras yang aberda di dalam CPU akan semakin canggih dan semakin mahal harganya. Berikut adalah bagian-bagian CPU yang biasanya sering ditemukan pada seperangkat komputer.

CPU Bagian Bagian CPU dan Fungsinya

Bagian-bagian CPU

1. Motherboard
Bagian CPU ini berfungsi sebagai papan induk, sesuai dengan namanya motherboard merupakan bagian CPU terpenting yang berfungsi sebagai tempat perangkat keras lainnya di dalam CPU. Motherboard atau papan induk merupakan komponen utama yang harus ada jika anda hendak merakit sebuah komputer. Bermacam-macam jenis dan merk motherboard bsia di temui di toko-toko komputer, kualitas motherboard dan chipset yang digunakan pada motherboard membaut harga motherboard di pasaran berbeda-beda

2. Mikroprocessor
Mikroprocessor merupakan otak dari komputer, Mikroprocessor lah yang paling tepat disebut sebagai CPU karena fungsinya yang teramat penting sekali sebagai proses kendali saat komputer bekerja melakukan proses pengolahan data. Saat ini banyak sekali jenis dan merk mikroprocessor yang bisa anda gunakan, teknologi pembuatan dan kecepatan proses pengolahan data membuat mikroprocessor satu dan yang lain berbeda harganya.

3. RAM
Bagian CPU ini berfungsi untuk menyimpan data sementara, artinya data hanya tersimpan saat komputer menerima arus listrik, begitu listrik padam atau komputer dalam kondisi mati maka data akan hilang. RAM (Random Access Memory) juga memiliki banyak tipe sesuai dengan perkembangan pada teknologi yang digunakan motherboard contohnya SD RAM, DDR 1, DDR 2, dan DDR 3.

4. VGA
VGA (Video Graphic Adapter) merupakan bagian CPU yang bertugas untuk menampilkan grafis hasil pengolahan data ke layar monitor anda. Semakin tinggi memori yang digunakan pada VGA anda maka performa grafis juga akan semakin tinggi. Banyak sekali merk VGA yang bersaing menarik hati para konsumen dengan teknologi-teknologi yang paling mutakhir, biasanya para gamer senang berburu VGA dengan spesifikasi yang tinggi untuk tampilan game-game yang mereka mainkan.

5. Harddisk
Harddisk merupakan bagian CPU yang berfungsi menyimpan data secara permanen, artinya data yang sudah disimpan di dalam harddisk tidak akan hilang meskipun komputer dalam keadaan mati. Kapasitas harddisk dan kecepatan membacanya (RPM) menjadi tolak ukur untuk memilih harddisk yang baik. Semakin besar kapasitas penyimpanan datanya dan semakin cepat waktu baca datanya maka bisa dipastikan harddisk tersebut semakin mahal harganya.

Bagian-bagian CPU diatas merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan pada sebuah komputer, komputer tidak bisa disebut sebagai komputer tanpa kelengkapan dari bagian-bagian CPU diatas. Oleh karena itu perawatan dan cara penggunaan yang benar mutlak diperlukan agar CPU yang anda gunakan tetap awet dan tahan lama.

Semoga postingan bagian-bagian CPU diatas bisa bermanfaat untuk anda semua, jangna lupa untuk berkunjung kembali dilain kesempatan yang anda miliki. Salam.

Illustrasi gambar : jupiterimages.com

GD Star Rating
loading...
Bagian-Bagian CPU dan Fungsinya, 4.9 out of 10 based on 7 ratings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *