Advertisement

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

Advertisement

Bakteri gram positif – Pada postingan yang lalu saya sudah menjelaskan panjang lebar tentang sel bakteri, bakteri yang berukuran sangat kecil digolongkan dalam kelompok mikroba atau mikroorganisme dan hanya bisa di lihat dengan menggunakan bantuan mikroskop. Meskipun berukuran sangat kecil tetapi bakteri memiliki bentuk tubuh dan struktur sel yang sangat kompleks, dimana struktur sel pada bakteri tersebut setiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Bakteri gram positif dan bakteri gram negatif merupakan istilah yang merujuk pada perbedaan susunan dinding sel bakteri. Nah pada kesempatan posting kali ini saya akan membahas tentang perbedaan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif yang sering ditanyakan oleh siswa yang sedang mengikuti pembelajaran ilmu biologi di sekolah pada pokok bahasan struktur sel bakteri.

Artikel perbedaan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif ini juga saya tujukan kepada anda semua pengunjung setia blog berbagi informasi dan tips terbaru yang selalu setia berkunjung ke blog ini untuk membaca artikel dan informasi terbaru.

bakteri-gram-positif

Dinding Sel Bakteri

Sel Bakteri tersusun atas struktur utama pembentuk sel dan struktur tambahan sel. Salah satu struktur utama pembentuk sel bakteri adalah dinding sel. Berada pada lapisan terluar dari struktur sel bakteri, dinding sel mempunyai fungsi sebagai pelindung isi dari sel bakteri secara keseluruhan dan sebagai pemberi bentuk pada sel bakteri.

Sel bakteri biasanya berbentuk kaku dan tidak elastis hal ini di sebabkan oleh adanya senyawa peptidoglikan yang merupakan senyawa utama pembentuk dinding sel bakteri. Senyawa peptidoglikan sendiri merupakan senyawa yang bersifat polimer yaitu terdiri dari banyak unit yang berulang yang terbentuk dari senyawa polisakarida dan polipeptida.

Nah, berdasarkan dari perbedaan struktur sel bakteri dan komposisi pembentuk dinding sel bakteri, maka dikenal istilah bakteri gram positif dan bakteri gram negatif. Berikut ini adalah penjelasan bakteri gram positif dan bakteri gram negatif.

Bakteri gram positif

Disebut bakteri gram positif karena bakteri ini jika diwaranai dengan pewarna gram dan diamati menggunakan mikroskop warnanya akan berubah menjadi ungu. Hal ini disebabkan karena bakteri gram positif memiliki lapisan peptidoglikan yang sangat tebal dan kandungan lemak pada dinding selnya sangat rendah. Beberapa contoh bakteri yang termasuk bakteri gram positif antara lain adalah Lactobacillus bulgaricus, Bacillus thuringiensis, Staphylococcus aureus dan Clostridium botulinum.

Bakteri gram negatif

Disebut bakteri gram negatif karena bakteri ini mempunyai sifat kebalikan dari bakteri gram positif yaitu apabila bakteri tersebut diberi pewarna gram dan diamati dengan menggunakan mikroskop maka warnanya akan berubah menjadi merah. Hal ini terjadi karena bakteri gram negatif memiliki struktur lapisan peptidoglikan yang sangat tipis serta kandungan lemak penyusun dindingnya sangat tinggi. Beberapa contoh bakteri yang termasuk bakteri gram negatif adalah Salmonella typhi, Eschericia coli, Pseudomonas aeruginosa dan Klebsiella pneumonia.

Yang perlu anda ketahui dan anda catat adalah teknik dan metode pengelompokkan bakteri dengan menggunakan pewarnaan gram diperkenalkan oleh seorang ilmuwan mikrobiologi yang berasal dari Denmark yaitu Hans Christian Gram pada tahun 1884.

Untuk melakukan percobaaan dan penelitian kelompok bakteri gra positif dan kelompok bakteri gram negatif diperlukan beberapa alat dan bahan yang hanya ada di laboratorium biologi dengan bimbingan seorang guru atau dosen.

Itulah ulasan mengapa ada kelompok bakteri gram positif dan ada kelompok bakteri gram negatif, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi anda semua, terutama anda yang sedang mempelajari ilmu Biologi baik di sekolah maupun di kampus. Semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi penting anda, jangan lupa untuk berkunjung kembali jika ada kesempatan lain yang anda miliki. Salam.

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply