Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

By | December 25, 2011
  • Sharebar

Cara Merawat Laptop – Laptop atau biasa di sebut dengan notebook merupakan barang elektronik yang berfungsi untuk menggantikan posisi komputer untuk bekerja, dengan menggunakan laptop anda tidak harus menetap pada suatu tempat di saat bekerja tetapi anda bisa bekerja dimana saja dengan menggunakan laptop. Karena sifat laptop yang mudah untuk dibawa kemana saja dan dihidupkan kapan saja membuat barang elektronik yang satu ini rentan terhadap kerusakan, diperlukan cara merawat laptop yang baik dan benar agar laptop yang anda miliki bisa berumur panjang dan awet.

Pada kesempatan posting kali ini saya akan berbagi tips cara merawat laptop yang baik dan benar, karena sebagian orang masih awam tentang cara merawat laptop. Meskipun laptop merupakan barang yang berfungsi untuk menggantikan fungsi komputer di dalam melakukan pekerjaan, tetapi cara merawat laptop tidak sama dengan cara merawat perangkat komputer. Selain karena harganya yang lebih mahal dari komputer biasa, laptop juga membutuhkan perawatan khusus agar bisa awet dan tahan lama.

Lalu bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar? berikut adalah tips cara merawat laptop yang ariesense.com rangkum khusus untuk anda pengunjung setia blog ini.

Cara merawat laptop

laptop rusak Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Laptop

1. Layar laptop
Saat ini ada dua teknologi yang digunakan untuk memproduksi layar atau monitor laptop yaitu LCD dan LED, Berbeda dengan penggunaan laptop yang menggunakan teknologi LED (Light Emiting Dioda), laptop yang menggunakan layar dari LCD (Liquid Crystal Display) cenderung lebih rentah terhadap kerusakan, agar layar laptop anda yang menggunakan LCD lebih awet dan tahan lama gunakanlah screen protector, yang bisa di beli di toko-toko aksesoris komputer seharga 10.000 rupiah.

2. Keyboard laptop
Cara merawat laptop yang baik dan benar selalu memperhatikan perawatan papan ketik atau keyboard yang ada pada laptop. Meskipun saya bukanlah seorang teknisi laptop yang handal, sangat sering saya menerima pengaduan dari teman-teman sekantor yang mengalami permasalahan pada keyboard laptop. Biasanya faktor kelalaian dari para penggunanya sendiri yang menyebabkan keyboard laptop bermasalah, misalnya : terkena serpihan abu rokok, terkena air, dan pemakaian laptop secara berlebihan untuk bermain game.
Agar keyboard laptop anda awet, gunakanlah keyboard protector yang bisa anda beli di toko-toko komputer terdekat, harga yang paling murah sekitar Rp. 7500 saja. Atau jika anda enggan menggunakan keyboard protector bersihkan tombol-tombol keyboard anda secara teratur dengan menggunakan kuas kecil.

3. Hardware Laptop
Yang tidak kalah pentingnya pada cara merawat laptop yang baik dan benar adalah perawatan hardware dari laptop itu sendiri. Hardware laptop yang terdiri dari processor, memory dan harddisk harus dipastikan aman dari overheat atau panas berlebihan. Bagi anda yang ingn membeli sebuah laptop yang baru pastikan anda periksa dulu sistem pendingin pada lapto yang hendak anda beli, pastikan sirkulasi angin yang memadai dari kipas yang ada di laptop mampu membuat hardware laptop tetap berada pada suhu yang normal.

4. Battery Laptop.
Kelebihan laptop di bandingkan komputer adalah laptop bisa dibawa kemana saja dan bisa di operasikan kapan saja, hal ini karena laptop menggunakan battery untuk menyuplai listrik saat laptop di operasikan. Oleh karena itu cara merawat laptop yang baik dan benar harus memperhatikan kesehatan battery laptop. Battery laptop akan tahan lama jika di pakai dengan benar, yaitu hanya di charge saat battery laptop benar-benar kosong dan di lepas saat battery laptop sudah benar-benar terisi penuh, dengan melihat indikator yang ada pada laptop, biasanya pada lampu LED yang berubah warnanya.

Selain cara merawat laptop seperti cara yang diatas, berikut ini adalah tips tambahan untuk merawat laptop yang bisa anda gunakan.

  • Jika anda menggunakan sistem operasi windows, pastikan anti virus anda di update secara bekala untuk melindungi sistem dari serangan virus, malmware dan adware yang bisa memperlambat kinerja laptop anda
  • Hindari makan dan minum saat anda bekerja dengan laptop untuk mencegah sisa-sisa makanan dan tumpahan air pada laptop anda. Selain itu makan dan minum saat bekerja juga menyalahi etos K3.
  • Gunakan laptop anda maksimal 4 jam untuk di matikan sekitar 15 menit, setelah itu baru dihidupkan lagi, hindari penggunaan laptop secara terus menerus selama 24 jam.
  • Jika anda sering bepergian dengan membawa serta laptop anda, gunakan tas yang terbuat dari bahan yang lembut dan tahan air, untuk mencegah casing laptop anda tergores dan terkena air hujan.
  • Gunakan software untuk melindungi harddisk dari goncangan, jika anda menggunakan laptop Toshiba anda bisa menggunakan software Toshiba HDD Protection untuk mencegah kerusakan cylinder pada harddisk saat terjadi goncangan.

Itulah sedikit tips cara merawat laptop yang baik dan benar, semoga tips-tips diatas senantiasa bermanfaat untuk sahabat-sahabat ArieSense.com dan pengunjung setia blog berbagi informasi dan tips terbaru ini. Jika anda memiliki tips-tips lainnya seputar cara merawat laptop, bisa anda sharing melalui kotak komentar yang ada di bawah ini. Sampai jumpa lagi di postingan mendatang, terimakasih atas kunjungan anda, dan salam dari saya untuk anda. icon smile Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

 

GD Star Rating
loading...
Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar, 8.1 out of 10 based on 9 ratings

6 thoughts on “Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar

  1. budiastawa

    Salam kenal Mas Arie. Saya menggunakan laptop bisa 12 jam non stop. Tapi nggak pernah sampai 24 jam non stop. Apa berlebihan ya?

    Tipsnya bagus-batus. Btw, theme blognya pake Prosense ya? Makanya blognya namanya AireSense :D

    Reply
    1. arie iswadi Post author

      Wah secara teori penggunaan laptopnya mas budi berlebihan :) , ariesense dari kata arie sensei kok mas..

      Reply
  2. Pingback: http://cherianews.info/

  3. Pingback: pligg.com

  4. arief

    jika menaruh laptop di tas saja, karena gak ada tempat masalah gak??
    dan lebih baik mana, menggunakan laptop hanaya dengan baterat, atau menggunakan laptop dengan arus listrik tanpa baterai. ataukah menguunakan laptop dengan arus listrik dan baterai.???
    tolong di jawab,

    Reply
    1. arie iswadi Post author

      Di letakkan di tas tidak masalah kok, menurut saya lebih baik dengan arus listrik tanpa baterai.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *