Advertisement

Cara Mudah Mengatasi Infeksi Telinga

Advertisement

Infeksi Telinga – Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, berfungsi sebagai indera pendengar sudah selayaknya telinga harus dirawat dengan baik. Bagi manusia normal kemampuan telinga untuk mendengar berkaitan langsung dengan emosi yang ada pada dirinya sendiri. Mendengar suara-suara yang ada disekitar memang bisa mempengaruhi emosi seseorang, seperti mendengar ucapan “ayah” atau “ibu” dari anak yang kita sayangi, mendengar panggilan mesra dari kekasih, mendengar tawa orang disekeliling kita atau mendengar tangis sedih dari orang-orang yang ada disekitar kita.

Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus yang menyerang bagian dalam telinga. Statistik menunjukkan bahwa infeksi telinga lebih banyak menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa. Anak-anak yang gaya hidup bersihnya masih tergantung pada orang tua biasanya lebih rentan terserang infeksi telinga, penyebab utama dari infeksi telinga ini adalah menumpuknya serumen (kotoran telinga) di bagian dalam telinga. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya infeksi telinga ada baiknya para orang tua secara berkala dan sering melakukan pengecekan terhadap kebersihan telinga anak-anaknya.

infeksi-telinga

Penyebab infeksi telinga lainnya adalah alergi makanan seperti kacang-kacangan dan ikan, alergi lingkungan, ISPA (Infeksi saluran Pernafasan Atas), Fetal Syndrome Alcohol (Sindrom alkohol janin), luka dalam, mal nutrisi dan faktor genetika juga bisa menjadi faktor terjadinya infeksi telinga. Tanda-tanda infeksi telinga bisa diketahui lebih awal dengan cara memperhatikan tanda-tanda awalnya seperti rasa sakit yang sangat pada daerah telinga, sakit kepala, gangguan pernafasan, dan menurunnya indera pendengaran secara tiba-tiba. Dalam kasus yang lebih parah biasanya ditandai dengna demam tinggi, keluarnya cairan dari dalam telinga, muntah dan diare serta gejala lainnya yang memerlukan perhatian dan perawatan dengan segera.

Cara Mudah Mengatasi Infeksi Telinga

Berikut ini adalah cara mudah mengatasi infeksi telinga yang bisa anda coba jika anda menemukan penderita infeksi telinga dengan ciri-ciri seperti diatas.

Garam
Panaskan secangkir garam dengan menggunakan microwave atau bisa juga dengan menggunakan panci selama 3-5 menit, kemudian bungkus rapat garam yang sudah dipanaskan tersebut dengan sehelai kain lalu tempelkan pada bagian telinga yang sakit secara bergantian. Garam berfungsi menyerap cairan yang ada didalam telinga dan panas berfungsi untuk menarik cairan dalam telinga keluar sekaligus untuk mengobati rasa sakit dan mencegah pembengkakan.

Bawang putih
Sari dari bawang putih yang dicampur dengan minyak wijen juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi telinga, caranya ambil dua siung bawang putih kemudian ambil sarinya dengan cara diparut atau ditumbuk kemudian tambahkan dua sendok minyak wijen, jangan lupa disaring terlebbih dahulu untuk memisahan sari bawang putih dengan ampasnya, kemudian tuangkan 2-4 tetes pada telinga yang sakit dan terinfeksi.

Kemangi
Daun kemangi juga berkhasiat untuk mengobati infeksi telnga, caranya adalah dengan cara menumbuk halus 4-5 helai daun kemangi kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Selanjutnya hasil campuran daun kemangi dan minyak kelapa tersebut bisa dioleskan pada daerah telinga yang sakit dengna menggunakan cotton bud.

Bawang merah
Cara mengolah bawang merah sebagai obat untuk infeksi telinga hampir sama dengan cara mengolah bawang putih. Bawang merah berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengusir bakteri penyebab infeksi telinga.

Itulah cara mudah mengatasi infeksi telinga yang bisa anda coba sesegera mungkin tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Semoga bermanfaat bagi anda semua, jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini lagi di lain kesempatan yang anda miliki.

Illustrasi gambar Cara Mudah Mengatasi Infeksi Telinga : jupiterimages.com

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply