Advertisement

Definisi DNA dan Fungsi DNA

Definisi DNA – Mungkin istilah DNA sudah tidak asing lagi ditelinga anda semua, seringkali kita mendengar istilah DNA di televisi jika berkaitan dengan mencari asal-usul atau kebenaran tentang seseorang. Tes DNA biasanya itu yang sering anda dengar, sebenarnya definisi DNA itu sendiri apa anda mungkin juga belum begitu paham dan begitu “ngeh” karena hanya sering mendengar saja istilah DNA dari televisi.

Berkaitan dengan definisi DNA tersebut maka pada kesempatan kali ini di postingan sains blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru saya akan berbagi informasi tentang Definisi DNA dan Fungsi DNA. Mungkin saja informasi ini bisa bermanfaat untuk anda semua.

Sebenarnya kita semua sudah sering mengidentifikasi definisi DNA pada seseorang yang kita kenal, baik itu keluarga sendiri ataupun kerabat kita sendiri hanya saja kita tidak sadar bahwa itu merupakan definisi DNA. Contohnya kita sering banget mendengar percakapan wah anak ini rambutnya mirip ibunya, hidungnya mancung mirip ayahnya dan lainnya. Nah sebenarnya percakapan tersebut sudah mengarah kepada definisi DNA karena menyangkut informasi genetic yang diwariskan seseorang kepada keturunannya

Definisi DNA

DNA (Deoxyribonucleic Acid) merupakan molekul sejenis asam nukleat yang mengandung informasi genetic dalam bentuk gen. Jadi boleh dikatan bahwasanya gen merupakan penggaland aari DNA. Molekul DNA sendiri pertamakali diisolasi dari sel spermatozoa dan nucleus sel darah merah burung oleh ilmuwan yang bernama F. Miescher (1844-1895). Molekul DNA sendiri digambarkan dalam suatu model yang bernama double helix (tangga tali berpilin) oleh ilmuwan James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953.

dna Definisi DNA dan Fungsi DNA

Sampai saat ini model DNA double helix dijadikan materi pada pelajaran Biologi ditingkat sekolah menengah atas atas penemuannya ini maka kedua ilmuwan tersebut diberi hadiah nobel. Itulah definisi DNA yang harus anda ketahui, jadi DNA memang terkait erat dengan informasi genetic seseorang pada keturunannya. Tidak mengherankan jika tes DNA menjadi solusi terakhir untuk mengungkap identitas seseorang setelah semua jalan yang digunakan mengalami kebuntuan.

Dari definsi DNA diatas Watson dan Crick mengemukakan bahwasanya DNA memiliki struktur gula dan fosfat sebagai tangga atau untai utamanya serta basa nitrogen sebagai anak tangganya.

Dari definisi DNA diatas mungkin anda masih menyisakan pertanyaan yang lain, lalu apa fungsi DNA yang lain apakah DNA hanya berfungsi sebagai informasi genetik saja? Tentu saja tidak, DNA yang terletakank di dalam inti sel atau nukleus memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi DNA

Fungsi DNA

1. DNA berfungsi membawa informasi genetik atau biasa disebut dengan hereditas
2. DNA berfungsi mengontro aktivitas sel baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung
3. DNA berperan dalam proses sintetis protein
4. Yang terakhir adalah DNA berfungsi untuk membentuk RNA (Asam Ribonukleat).

Selain fungsi-fungsi diatas DNA yang bertindak sebagai pembawa informasi genetik juga dapat berfungsi sebagai heterokatalitik yaitu berfungsi untuk mensintesis molekul lain . Serta dapat juga berfungsi sebagai otolatalitik yaitu dapat memperbanyak dirinya sendiri atau mreplikasi dirinya sendiri sehingga membentuk sebuah DNA baru.

Bagaimana? Sudah bisa memahami definisi DNA dan fungsi DNA secara jelas? Untuk mempelajari seluk beluk DNA secara luas dan mendalam anda harus belajar ilmu biokimia modern. Yang penting dan yang harus anda camkan adalah kerumitan dan ketepatan informasi genetic yang dibawa oleh DNA bukanlah terjadi begitu saja tanpa ada sesuatu yang mengaturnya, semoga informasi diatas semakin menambah kedekatan kita kepada sang Maha Pencipta. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog ini lagi di lain kesempatan yang anda miliki untuk mengikuti artikel sains menarik lainnya dari saya. Salam.

Illustrasi gambar Definisi DNA dan Fungsi DNA : Jupiterimages.com

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply