Advertisement

Makna Cinta – Makna Arti Cinta Sejati

Makna Cinta – Jika kita bebicara tentang cinta sepertinya tidak akan pernah ada ujungnya, apalagi jika sudah menyangkut tentang perasaan cinta sejati yang memiliki makna cinta seutuhnya antara dua makhluk ciptaan Tuhan yang berbeda jenis kelamin. Dengan mengatasnamakan cinta dua pasangan bisa saling menjalin hubungan di luar nikah alias pacaran, tidak sering pula cinta di persalahkan oleh seseorang yang perasaan cintanya ditolak oleh orang yang di cintainya. Tapi semua cerita tentang cinta yang pernah kita alami atau kita dengarkan dari orang-orang di sekitar kita tidaklah cukup untuk menjelaskan tentang makna cinta yang sebenarnya, apalagi di bulan Februari ini banyak sekali pasangan muda dan mudi yang mengatasnamakan cinta sejati rela melakukan maksiat. Apakah benar hal tersebut merupakan sebuah ekspresi dari sebuah makna arti cinta sejati?

Makna cinta sejati atau arti cinta sejati akan menjadi topik bahasan posting dari blog berbagi informasi dan tips terbaru kali ini, mengingat saat postingan ini ditulis banyak sekali pasangan muda dan mudi yang gencar mengkampanyekan hari maksiat sedunia yaitu hari valentine day. Jika sebelumnya blog ArieSense.com ini membahas tentang bagaimana cara cari uang di internet, maka khusus pada postingan kali ini blog ArieSense.Com akan membahas tentang makna cinta sesungguhnya yang dirasakan oleh setiap manusia.

Makna Cinta

maknacinta Makna Cinta   Makna Arti Cinta Sejati

Makna Arti Cinta Sejati

Makna cinta yang dipahami dengan salah oleh kebanyakan manusia khususnya para pemuda dan pemudi telah menjerumuskan mereka ke jurang kehinaan dan kenistaan di dunia. Mitos tentang cinta sejati dan cinta suci menjadi kiblat mereka untuk melakukan maksiat. Bahkan tidak jarang dengan mengatasnamakan makna cinta banyak para pemuja cinta yang rela memisahkan diri dari orang tua mereka, atas nama makna cinta juga banyak para pemuja cinta yang rela menjadi murtad lantaran mengikuti agama calon suami atau istrinya. Begitulah dahsyatnya pengaruh jika makna cinta ini di posisikan pada tempat yang salah.

Makna cinta sejati hanya bisa anda dapatkan jika anda benar-benar bisa memahami tentang perasaan cinta itu sendiri, jika anda salah dalam memahami rasa cinta yang ada maka bisa dipastikan pemahaman anda dalam makna cinta sejati juga akan salah. Rasa cinta atau perasaan cinta kepada lawan jenis yang ada pada manusia merupakan sebuah anugerah yang Allah SWT limpahkan kepada makhluk ciptaannya yang bernama manusia, rasa tergila-gila pada saat anda sedang jatuh cinta adalah rasa yang wajar yang akan di alami oleh manusia. Menurut peneliti naluri cinta yang membuat manusia tergila-gila disebabkan oleh aktivasi dan pengeluaran komponen kimia spesifik di otak, berupa hormon dopamin, endorfin, feromon, oxytocin, dan neuropinephrine yang membuat seseorang merasa bahagia, berbunga-bunga dan berseri-seri. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, dan terpaan badai tanggung jawab dan dinamika kehidupan efek hormon-hormon itu berkurang lalu menghilang. Efek hormon tersebut hanya akan bertahan tidak lebih dari 4 tahun saja. Nah jika anda menamakan efek dari hormon tersebut sebagai makna cinta sejati jelas anda salah.

Makna cinta juga sering diartikan salah oleh para pemuja cinta, kebanyakan mereka tidak bisa membedakan antara perasaan cinta dengan hawa nafsu. Oleh karena itu saat Allah SWT menganugerahkan rasa cinta ini pada manusia, Allah juga menyertakan panduannya agar manusia tidak sampai tersesat dan di butakan oleh rasa cinta ini. Panduan untuk menemukan makna cinta tersebut bisa anda temukan pada Al-Quran dan Sunnah Rasul SAW. Panduan tersebut harus selalu anda amalkan atau lakukan agar anda bisa menemukan makna cinta yang sebenarnya.

Terkait dengan makna cinta sejati ini, Rasullullah SAW bersabda :

“Tiga hal, bila ketiganya ada pada diri seseorang, niscaya ia merasakan betapa manisnya iman: Bila Allah dan Rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain dari keduanya, ia mencintai seseorang, tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dan ia benci untuk kembali kepada kekufuran setelah Allah menyelamatkan dirinya, bagaikan kebenciannya bila hendak diceburkan ke dalam kobaran api.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dari hadis diatas dapat diambi kesimpulan tentang makna cinta yang sebenarnya yaitu :

Makna cinta sejati yang pertama
Makna cinta sejati yang pertama menurut hadis diatas adalah jika anda mencintai Allah dan Rasullullah Muhammad SAW melebihi perasaan cinta anda terhadap siapapun. Kekuatan cinta kepada Allah dan Rasul mencerminkan kekuatan iman kita semua inilah makna cinta yang paling utama, sebuah makna cinta yang abadi dan bisa menyelamatkan kita baik di dunia dan akhirat.

Makna cinta sejati yang kedua
Sedangkan makna cinta sejati yang kedua adalah jika anda mencintai seseorang karena Allah semata bukan karena yang lain. Karena jika anda mencintai seseorang karena Allah niscaya rasa cinta anda tidak akan pernah luntur, berbeda jika anda mencintai seseorang hanya karena raut wajahnya atau karena hartanya saja. Bisa dipastikan rasa cinta anda tidak akan bertahan lama. Makna cinta yang seperti ini yang seharusnya ada tatkala kita sedang merasakan jatuh cinta.

Makna cinta sejati yang ketiga
Makna cinta sejati yang ketiga menurut hadis diatas adalah jika anda benci untuk kembali kepada jalan kekufuran setelah Allah SWT memberi petunjuk kepada anda. Rasa benci yang anda tunjukkan kepada kekufuran sesungguhnya bermakna anda lebih mencintai Allah diatas segala apapun.

Itulah makna cinta sejati yang bisa menambahkan rasa dan kekuatan iman kita semua kepada Allah SWT. Cinta sejati bukanlah cinta yang justru menceburkan kita ke jurang kemaksiatan penuh dosa karena mengikuti hawa nafsu belaka. Makna cinta seperti itulah yang hendaknya ada di dalam hati kita.

Semoga postingan tentang Makna Cinta – Makna Arti Cinta Sejati ini bisa bermanfaat untuk anda semua pengunjung setia blog berbagi informasi dan tips terbaru ini. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog yang sederhana ini di lain kesempatan untuk membaca postingan-postingan bermanfaat dan menarik lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan selamat merenungi makna cinta.

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply