Advertisement

Mengenal Ciri-Ciri Virus HIV

Advertisement

Ciri-Ciri Virus HIV – Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Serangan virus HIV ini akan menyebabkan berbagai gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Mengingat sangat berbahaya nya virus ini maka pada postingan kali ini saya akan sharing artikel tentang ciri-ciri virus HIV. Ciri-ciri virus HIV mempunyai karakteristik yang berbeda dengan virus-virus menular lainnya. Mengenal ciri-ciri virus HIV secara dini merupakan langkah yang sangat tepat untuk menurunkan dan mengurangi jumlah penderita HIV/Aids di Indonesia yang mencapai angka 200.000 penderita

Berikut ini adalah ciri-ciri virus HIV yang harus anda ketahui.

Ciri-ciri Virus HIV

Ciri-ciri virus HIV ke-1 : Ciri-ciri fisik

Ciri-Ciri Virus

Ciri-Ciri Virus HIV

Ciri-ciri virus HIV yang pertama adalah bentuk molekulnya berukuran 1/20 kali dari ukuran bakteri E.Coli, atau jika dibandingkan dengan sel darah putih yang ada pada manusia ukuran virus HIV 1/70 kali dari ukuran sel darah putih. Virus HIV dikelilingi oleh membran yang terbuat dari bahan lemak dan ditumbuhi paku-paku kecil di sekelilingnya yang terbuat dari protein. Materi genetik yang di bawa oleh virus HIV ini ada di dalam membran sel . Di samping itu virus HIV ini juga memiliki beberapa macam protein yang di butuhkan untuk mereplika dirinya sendiri.

Ciri-Ciri virus HIV ke-2 : Penularan virus HIV

Ciri-ciri virus HIV yang kedua adalah cara penularannya yang menggunakan media cairan tubuh penderita HIV ke tubuh orang yang sehat. Cairan tubuh yang bisa menjadi media penularan virus HIV adalah air mani, cairan vagina, Air Susu Ibu dan darah. Virus HIV tidak bisa menular melalui media keringat, air liur, air mata dan gigitan serangga. Yang menjadi ciri-ciri utama dari virus HIV yang harus anda wapadai adalah kasus penularan virus HIV tertinggi melalui jarum suntik yang terkontimasi visrus HIV dan hubungan seks bebas.

Ciri-ciri virus HIV ke-3 : Menyerang sel darah putih
Ciri-ciri virus HIV selanjutnya adalah virus HIV selalu menyerang sel darah putih dengan cara menginfeksi sel CD4. Sel CD4 yang berada di permukaan sel darah putih berfungsi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh manusia. Sel CD4 inilah yang pertama kali diserang oleh virus HIV, sehingga lambat laun seseorang yang terkontaminasi virus ini akan menghilang sistem kekebalan tubuhnya.

Ciri-ciri virus HIV ke-4: Gejala mayor dan gejala minor

Ciri-ciri virus HIV yang sudah menyerang tubuh manusia bisa ditunjukkan oleh dua macam gejala yaitu gejala mayor (umum) dan gejala minor (tidak umum). Ciri-ciri gejala mayor biasanya ditunjukkan dengan berat badan yang menurun hingga 10 % dalam satu bulan terakhir, terserang diare kronis sampai dengan 1 bulan, sakit demam lebih dari satu bulan, dan kesadaran sering menurun. Sedangkan gejala minor biasanya ditunjukkan dengan batuk menetap lebih dari 1 bulan, Dermatitis generalisata, herpes yang berulang, dan infeksi jamur pada alat kelamin wanita.

Banyak sekali studi yang meneliti tentang ciri-ciri virus yang mematikan ini, bila anda ingin mengetahui ciri-ciri virus HIV ini lebih lengkap anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli, membaca majalah kesehatan, dan membaca jurnal-jurnal ilmiah tentang ciri-ciri virus HIV di internet

Semoga info kesehatan tentang ciri-ciri virus HIV ini bisa bermanfaat bagi anda semua para pengunjung setia blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini. Jangan lupa untuk sesering mungkin berkunjung ke blog ini untuk mendapatkan info dan tips terbaru dari saya. Salam.

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply