Mengenal Sel Bakteri Yuk !

By | January 4, 2013
  • Sharebar

Sel bakteri – Didalam ilmu biologi dikenal istilah bakteri, anda mungkin mempunyai pikiran negatif terhadap bakteri ini, yaitu sebagai penyebab berbagai macam penyakit. Padahal kenyataannya tidak demikian, bakteri ada yang mempunyai peran besar dalam kehidupan manusia dan ada juga yang bersifat merugikan manusia. Nah, biar anda tidak salah paha lagi dengan bakteri maka anda harus lebih mengenal sel bakteri lebih mendalam.

Pada kesempatan posting kali ini setelah bberapa hari yang lalu Blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini sudah memposting sebuah artikel tentang manfaat ilmu biologi, maka pada kesempatan posting kali ini , saya akan berbagi dengan anda semua tentang seluk beluk sel bakteri.

Pengenalan terhadap sel bakteri mutlak diperlukan untuk kepentingan informasi dalam rangka pemanfaatan bakteri yang menguntungkan dan pencegahan terhadap bakteri yang merugikan. Cabang ilmu Biologi yang membahas tentang segala seluk beluk Bakteri disebut dengan Bakteriologi.

Sel bakteri

Bakteri sendiri adalah suatu organisme yang berukuran sangat kecil dan tidak memiliki membran inti sel, sehingga sel bakteri termasuk dalam golongan sel prokariotik. Sel bakteri juga termasuk dalam kelompok mikroorganisme atau mikroba karena ukurannya yang sangat kecil sekali dan hanya bisa di lihat dengan menggunnakan bantuan mikroskop.

bakteri Mengenal Sel Bakteri Yuk !

Untuk mempelajari sel bakteri secara khusus maka diperlukan sebuah informasi yang sangat rinci sekali tentang bakteri yang diteliti, sebelum disimpulkan apakah bakteri tersebut bersifat menguntungkan kehidupan manusia atau hanya bersifat merugikan kehidupan manusia saja. Informasi tentang morfologi sel bakteri menjadi informasi yang sangat dibutuhkan pertama kali sebelum dilanjutkan ke informasi-informasi tentang sel bakteri lainnya.

Morfologi sel bakteri

Sel bakteri yang berukuran sangat kecil sekali hanya bisa dilihat dengan mikroskop, satuan yang digunakan untuk ukuran bakteri adalah mikrometer atau mikron . Ukuran rata-rata sel bakteri adalah 1 – 5 mikron, meskipun ditemukan juga beberapa bakteri yang ukurannya mencapai ratusan mikron, seperti sel bakeri Thiomargarita namibiensis yang mempunyai ukuran 750 mikron . Sedangkan bakteri paling kecil adalah sel bakteri Mycoplasma yang memiliki ukuran 0,1 sapai dengan 0,3 mikron.

Berdasarkan bentuk sel bakteri, maka bakteri di bagi menjadi :

1. Kokus yaitu sel bakteri yang berbentuk seperti bola, bentuk sel bakteri kokus mempunyai beberapa varian lagi seperti mikrokokus, diplokokus, tetrakokus, sarcina, sthapilokokus, dan streptokokus.

2. Basil yaitu sel bakteri yang memiliki bentuk seperti batang atau silinder, bentuk sel bakteri basil mempunyai varian seperti diplobasil dan strptobasil

3. Kokobasil yaitu selbakteri yang memiliki bentuk antara bentuk kokus dan basil

4. Spirila yaitu sel bakteri yang memiliki bentuk spiral dan bergelombang, varian dari bentuk sel bakteri spirilia adalah vibrio, spiral, dan spiroseta.

Morfologi sel bakteri dipengaruhi oleh lingkungan tempat hidup sel bakteri tersebut, media, dan usia. Sel bakteri termasuk uniseluler atau sel tunggal. Meskipun morfologi antara bakteri yang satu dengan yang lain berbeda-beda tetapi bakteri mampu untuk hidup mandiri maupun hidup secara berkoloni dengan bakteri yang lain.

Selain itu sel bakteri juga dapat hidup dimana-mana sehingga disebut ubikuotus yaitu berjumlah banyak dan dapat ditemukan dimana-mana. Suhu, kelembaban dan cahaya merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan bakteri.

Struktur Sel Bakteri

Struktur sel bakteri dibedakan menjadi dua yaitu struktur utama pembentuk sel dan struktur tambahan selbakteri. Pada struktur utama pembentuk sel bakteri terdiri dari dinding sel, membrane plasma dan sitoplasma. Sedangkan struktur tambahan berada di luar sel bakteri itu sendiri seperti flagella, kapsula, dan pili.

Itulah ulasan singkat mengenal sel bakteri yang cukup menakjubkan, berukuran sangat kecil tetapi memiliki kompleksitas kehidupan yang cukup rumit. Semoga artikel mengenal sel bakteri ini bisa memperkaya informasi anda tentang dunia mikroorganisme atau mikroba yang sangat menarik untuk dikaji, jangan lupa untuk berkunjung ke blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini lagi di lain kesempatan yang anda miliki. Salam.

GD Star Rating
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *