Advertisement

Morfologi Virus dan Bagian-bagian Tubuh Virus

Advertisement

Morfologi VirusPengertian virus sudah dibahas di blog ini beberapa waktu yang lalu, virus yang bisa juga didefinisikan sebagai racun ini juga memiliki struktur tubuh mirip dengan organisme hidup yang lain. Sebelum anda mengenal tentang morfologi virus ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian tubuh virus. Pada artikel pengertian virus dalam ilmu biologi yang saya tulis sebelumnya dinyatakan bahwa virus tersusun atas partikel yang bernama virion dimana virion tersebut tersusun dari senyawa asam nukleat yang di selubungi oleh kapsid (protein pembungkus).

Morfologi virus berkaitan erat dengan bagian-bagian tubuh virus itu sendiri, berikut ini adalah bagian-bagian utama dari tubuh virus :

1. Kapsid
Seperti tadi sudah dijelaskan diatas kapsid merupakan pembungkus asam nukleat, kapsid inilah yang menentukan morfologi virus. Kapsid berfungsi sebagai pelindung asam nukleat, melekatkan virion pada sel inang yang terinfeksi virus, dan sebagai penyedia protein untuk virion saat virion menginfeksi membran sel inang.

2. Asam nukleat
Asam nukleat berpera penting dala siklus hidup virus, sama dengan oraganisme lainnya asam nukleat pada virus berfungsi sebagai penyimpan informasi genetik yang diperlukan untuk sintetis protein.

3. Sampul
Sampul pada virus merupakan hasil modifikasi virus terhadap membran sel inang yang sudah terinfeksi oleh virus. Sampul virus sendiri terdiri dari susunan molekul lipid dan protein
Itulah bagian-bagian tubuh virus yang paling utama, setelah anda mengetahui bagian-bagian dari tubuh virus tersebut selanjutnya akan saya lanjutkan artikel ini tentang morfologi virus

anatomi-virus

Morfologi Virus

Morfologi mempunyai arti bentuk ukuran, morfologi virus artinya bentuk dan ukuran virus. Berdasarkan bentuk tubuh dan bagain-bagain tubuh virus morfologi virus terbagi menjadi empat tipe utama yaitu :

Morfologi virus ke-1 helix
Struktur virus dengan morfologi helix terbentuk dari susunan sub unit protein terselubung yang disebut dengan kapsomer melingkar suatu sumbu axis. Susunan virus dengan morfologi helix ini membuat virus mempunyai bentuk seperti batang atau filamen. Materi genetik virus dengan morfologi helix ini terletal di dalam rongga dan terikat dengan protein kapsid. Contoh dari virus dengan morfologi helix ini adalah virus mosaik yang menyerang tembakau.

Morfologi virus ke-2 Polihedral
Morfologi virus polihedral tersusun dari kapsomer yang berjumlah sangat banyak dan menyelubungi genom virus secara keseluruhan. Berbeda dengan morfologi sebelumnya yaitu morfologi virus helix. Asam nukleat pada morfologi ini tidak mempunyai ikatan dengan protein kapsid. Virus dengan morfologi polihedral mempunyai ukuran yang sangat bervariasi yaitu dari 20 – 400 nanometer. Selain itu morfologi virus polihedral juga mempunyai susunan dan jumlah kapsomer yang sangat beragam juga. Salah satu virus dengan morfologi polihedral ini adalah virus adenovirus.

Morfologi virus ke-3 Virus bersampul.
Virus dengan morfologi ini memiliki lapisan luar atau membran yang menyelubungi kapsid yang disebut dengan sampul (envelope). Morfologi virus ini memiliki bentuk bermacam-macam sesuai dengan bentuk kapsidnya, meskipun ada juga sampul yang berbentuk helix dan polihedral.

Morfologi virus ke-4 Virus kompleks.
Morfologi virus kompleks memiliki bagain-bagain tubuh yang lebuh kompleks dibandingkan dengan ketiga morfologi virus lainnya. Dengan morfologi yang sangat kompleks ini menandakan virus tersebut memiliki kelebihan yang berbeda dibanding virus dengan morfologi lain. Layaknya organisme hidup virus dengan morfologi ini juga memiliki bagian-bagian tubuh seperti kepala dan ekor, salahs atu contoh virus dengan morfologi virus kompleks adalah bakteriofage.

Itulah ulasan dari artikel morfologi virus dan bagian-bagian tubuh virus yang bisa saya bagikan untuk anda semua pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog berbagi informasi dan tips terbaru ini lagi di lain kesempatan yang anda miliki. Untuk mendapatkan artikel-artikel sains bermanfaat lainnya. Salam.

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply