Pengertian Search Engine

By | December 7, 2012
  • Sharebar

Pengertian Search Engine – Search engine merupakan istilah bahasa Inggris populer yang mempunyai arti mesin pencari atau mesin telusur, kebanyakan masyarakat umum sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan istilah search engine ini bahkan sudah terbiasa menggunakannya. Akan tetapi kebanyakan masyarakat umum masih salah kaprah tentang pengertian search engine itu sendiri, banyaknya referensi tentang search engine yang di dapatkan dari internet mungkin membuat mereka bukan tambah mengerti tentang pengertian search engine tetapi tambah membuat pusing tujuh keliling. Sebenarnya apa sih pengertian search engine? Bagaimana cara kerjanya? Dan ada berapa macam-macam search engine yang ada di internet saat ini? Insya Allah pada kesempatan posting artikel di blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru kali ini, penulis akan menjelaskan secara tuntas tentang pengertian search engine.

Pengertian Search Engine

Search Engine adalah perangkat lunak berbasis web yang dibuat untuk tujuan mempermudah pencarian-pencarian dokumen yang berada di jaringan internet. Keberadaan search engine sendiri tidak terlepas oleh sejarah keberadaan Internet di muka bumi ini, berkembangnya jaringan internet yang sedemikian cepat dalam dua dekade terakhir ini membuat penggunaan seacrh engine sebagai mesin pencari melonjak tajam. Seiring bertambah murahnya sambungan internet yang membuat para user internet semakin banyak tiap harinya berhasil mengalihkan peran search engine sebagai mesin pencari dokumen di jaringan internet. Kenapa kok bisa beralih? Karena saat ini search engine sudah dianggap sebagai “mesin pintar” daripada sebuah “mesin pencari”. Kepintaran search engine di dalam menampilkan informasi yang dibutuhkan masyarakat, membuat search engine ini selalu menjadi tujuan utama saat pertama kali membuka browser.

searchengine Pengertian Search Engine

Cara Kerja Search Engine

Lalu bagaimana dengan cara kerja search engine? Search engine melakukan pencarian dengan cara menggunakan web spider atau program robot untuk menyaring kata kunci yang di masukkan oleh pencari. Ilustrasinya sebagai berikut, ketika seorang webmaster (pemilik halaman web) mengupload sebuah dokumen pada jaringan internet, spider atau robot-robot milik seach engine akan menyimpan informasi-informasi umum pada dokumen tersebut seperti judul dokumen, kata kunci, dan link (tautan) menuju sumber dokumen tersebut. Robot akan menyimpan informasi tersebut dalam bentuk basis data, yang kemudian kelak akan ditampilkan lagi kepada pencari berdasarkan query atau kata kunci yang dimasukkan oleh si pencari.
Cara kerja tersebut memang agak susah jika dibayangkan, untuk melakukan cara kerja seperti tersebut dibutuhkan sumber daya yang besar terutama pada sisi komputer server yang menyimpan basis data tersebut. Search engine-search engine terkemuka memiliki data center lebih dari satu dengan tekhnology yang susah dibayangkan untuk melayani para pengguna search engine di seluruh didunia.

Macam-macam search engine

Jika anda sudah “ngeh” dengan pengertian search engine dan cara kerja search engine diatas, mungkin anda akan mulai bertanya? Sebenarnya ada berapa macam search engine sih di internet? Jawabannya adalah banyak sekali, tetapi hanya beberapa search engine saja yang populer di kalangan masyarakat umum. Berikut ini adalah Macam-macam search engine populer yang ada di internet.

1. Google
Google layak di sebut sebagai raksasa internet, di buat oleh dua orang mahasiswa Larry Page dan Sergey Brin google menjadi tujuan utama dari milyaran pengguna internet diseluruh dunia saat membuka browser. Algoritma-algoritma baru yang diterapkan pada mesin pencari google membuat hasil pencarian google lebih uptodate dan lebih fresh. Selain itu kelebihan google sebagai mesin pencari adalah banyaknya fitur-fitur gratis yang berdaya guna terutama pada seorang web master.

2. Yahoo
Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada awal 1994 yahoo menjadi sebuah web portal terbesar saat ini, search engine yang terintegrasi langsung dengan situs web gudang informasi menjadi kan yahoo disukai oleh banyak orang. Selain sebagai search engine yahoo juga menyediakan fitur e-mail gratis yang bisa anda gunakan

3. Bing
Bing merupakan search engine yang dikelola oleh raja software Microsoft, search engine bing merupakan penerus dari search engine MSN yang begitu populer. Banyak fitur yang bisa anda temukan saat mengakses search engine bing ini, anda bisa mencobanya dengan mengetikkan bing.com di address bar browser anda

4. Baidu

Baidu merupakan search engine terkenal didaratan China. Hampir seluruh masyarakat chine menggunakan baidu sebagai pengganti mesin pencari google. Jika anda fasih bahasa mandarin anda bisa mencoba baidu dengan mengetikkan baidu.com di address bar anda.
Bagaimana masih bingung dengan pengertian search engine? Mudah-mudahan penjelasan seputar search engine diatas bisa mengatasi bingung anda. Semoga bermanfaat bagi anda semua, jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan yang anda miliki, Salam.

Illustrasi gambar : gettyimages.com

GD Star Rating
loading...
Pengertian Search Engine, 10.0 out of 10 based on 1 rating

2 thoughts on “Pengertian Search Engine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *