Advertisement

Pengertian Sel dan Bagian-Bagian Sel

Pengertian sel – Semua tubuh makhluk hidup tersusun atas unit-unit kecil yang bernama sel, hampir dari kita semua yang mempelajari ilmu biologi baik ketika masih duduk dibangku sekolah maupun yang duduk di bangku kuliah mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sel ini. Pemberi nama sel adalah Robert Hooke yang pada waktu itu sekitar tahun 1665 mengamati sebuah sayatan gabus. Dari sayatan gabus yang dia amati di mendapatkan celah-celah kecil yang kemudian dia beri nama sel berasal dari kata celula.

Sampai akhirnya pada tahun 1831 seorang peneliti mikrobiologi Robert Brown memperjelas tentang pengertian sel dengan lebih jelas di bandingkan pengertian sel oleh Robert Hooke. Menurut Robert Brown pengertian sel adalah suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh sebuah membran, didalam membran tersebut terkandung sebuah cairan yang bernama protoplasma. Penelitian yang dilakukan oleh Robert Brown tentang pengertian sel terus diperkuat oleh para peneliti-peneliti lainnya salah satunya adalah Theodor Schwann dimana pada sekitar tahun 1839 Schwann mengatakan di hadapan publik saat itu bahwasanya semua organisme tersusun atas sel.

Jadi bisa disimpulkan bahwasanya sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup. Sel mempunyai peranan penting untuk menyusun tubuh mikroorganisme, selain itu sel juga bertanggung jawab mengatur semua aktivitas dan proses kehidupan organisme. Ukuran sel sangatlah kecil sekali dan bisa dilihat dengan menggunakan alat bantu bernama mikroskop. Ukuran sel disebut dengan mikron, tapi meskipun kecil sel mempunyai fungsi penting karena hampir semua fungsi kehidupan organisme berlangsung teratur di dalam sel.

sel Pengertian Sel dan Bagian Bagian Sel

Diatas sudah dijelaskan tentang pengertian sel, pertanyaan selanjutnya adalah jika ukuran sel sangat kecil apakah sel juga mempunyai bagian-bagian tubuh layaknya sebuah organisme hidup? Jawabannya adalah ya. Sel tumbuhan dan sel hewan memiliki bagian-bagian sel yang sama, meskipun ada beberapa bagian sel yang disebut organel sel tidak di temui pada sel hewan. Berikut ini adalah bagian-bagian sel :

1. Membran Plasma
Sesuai dengan pengertian sel diatas , membran plasma merupakan selaput yang terletak dibagian paling luar dari sel yang membungkus suatu massa yaitu protoplasma. Membran plasma tersusun dari senyawa kimia gabungan dari senyawa lemak (lipid) dan senyawa protein yang disebut dengan lipoprotein. Fungsi dari membran plasma adalah melaksanakan transportasi zat antara sel dengan lingkungan di sekitar sel

2. Sitoplasma
Sitoplasma merupakan cairan yang berada did alam sel, 90% penyusun sitoplasma adalah air yang berfungsi sebagai pelarut zat-zat kimia serta berfungsi sebagai media tempat berlangsungnya reaksi kimiawi sel. Gabungan antara sitoplasma dan inti sel disebut dengan protoplasma.

3. Organel sel
Organel merupakan bagian-bagian pembentuk sel, organel sel berada didalam sel dimaa masing-masing organel sel yang berada di dala sel mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah organel-organel yang terdapat dalam sel hewan maupun tumbuhan.

a. Inti sel (Nukleus)
Inti sel atau nukleus merupakan tempat sintetis dari DNA (Deoxyribonucleic acid) dan RNA (Ribonucleic acid). Inti sel berfungsi sebagai pengatur seluruh aktivitas sel

b. Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma (RE) berfungsi untuk menampung protein untuk disalurkan kebadan golgi, menyintesin lemak dan kolesterol serta berperan dalam sistem transpor intraseluler di dalam sel.

b. Ribosom
Ribosom berfungsi untuk melangsungkan sintetis protein didalam sel

c. Mitokondria
Mitokondria merupakan bagian organel sel yang berfungsi sebagai psuat respirasi seluler yang menghasilkan ATP

d. Lisosom
Lisosom berfungsi menyekresikan enzim-enzim pencerna bahan makanan

e. Badan golgi
Badan golgi berfungsi untuk melakukan ekskresi dan juga berperan di dalam proses memproses dan mengemas protein. Selain itu badan golgi juga berperan dalam sintetis polisakarida

f. Peroksisom
Peroksisom berperan dalam metabolisme sel dan metabolit lainnya.

Itulah paparan tentang pengertian sel dan bagian-bagian sel yang bisa saya tuliskan di blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini, semoga ulasan diatas bisa berguna membuka cakrawala ilmu pengetahuan tanpa batas ini. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog ini di lain kesempatan yang anda miliki untuk mendapatkan informasi dan tips terbaru lainnya. Salam.

Illustrasi gambar sel : jupiterimages.com

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply