Pengertian Virus dalam Ilmu Biologi

By | January 1, 2013
  • Sharebar

Pengertian virus – Virus, siapa yang tidak kenal dengan kata yang satu ini. Virus identik dengan pembawa penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Bukan hanya tubuh manusia yang bisa dijangkiti atau terserang virus tetapi hewan, tumbuhan dan mikroorganisme lainnya seperti jamur, bakteri dan protozoa juga bisa terserang oleh virus. Virus yang bisa mematikan manusia dan sangat berbahaya tentu juga sudah anda kenal seperti virus HIV penyebab AIDS, virus demam berdarah, dan yang belakangan ini populer adalah virus flu burung.

Sebenarnya apa itu pengertian virus menurut ilmu biologi, kenapa virus sangat berbahaya dan seperti apa sih wujud dari virus tersebut, blog berbagi informasi dan tips terbaru akan mengulasnya secara lengkap untuk anda semua pengunjung setia blog ini. Setelah beberapa waktu yang lalu penulis juga memposting artikel sains yaitu tentang pengertian sel dan struktur membran sel.

Pengertian Virus

Diadalam ilmu biologi istilah virus pertama kali diperkenalkan oleh Adolf Mayer seorang bapak virologi (ilmu yang mempelajari virus) modern yang berasal dari Jerman pada tahun 1883. Saat itu Mayer sedang meneliti penyakit aneh berupa bercak pada daun tembakau yang menyebabkan gagal panen (virus mozaik), ditemukan pada penelitian tersebut ternyata penyakit aneh itu bisa menular ke tanaman tembakau yang sehat. Semula penyakit tersebut disimpulkan karena serangan bakteri tetapi kesimpulan itu dibantah oleh Dmitri Ivanowsky seorang biolog asal Rusia yaang menemukan bahwasanya ukuran penyakit pada tanaman tembakau tersebut memiliki ukuran lebih kecil daripada bakteri. Hal tersebut diperkuat oleh Martinus Beijernick peneliti dari Belanda yang membuat penemuan bahwa ternyata agen pembawa penyakit tersebut dapat memperbanyak diri pada sel yang sedang melakukan pembelahan.

virus Pengertian Virus dalam Ilmu Biologi

Karena masih belum bisa di definisikan secara tepat maka agen pembawa penyakit yang menyerang tanaman tembakau itu di sebut dengan istilah “virus” yang artinya adalah “racun”. Itulah pengertian virus yang sebenarnya, ilmu pengetahuan untuk penelitian virus terus berkembang. Terakhir dipastikan bahwasanya struktur virus memang berbeda dengan struktur bakteri dan mikroorganisme lainnya. Oleh karena itu pengertian virus yang paling tepat adalah racun.

Diatas sudah dibahas tentang asal mula pengertian virus, yang perlu diketahui adalah bahwa sampai detik ini virus tidak bisa di kelompokkan sebagai organisme yang hidup, karena ciri-ciri kehidupan layaknya organisme hidup tidak ditemukan pada virus. Contohnya berkembang biak, virus tidak bisa berkembang biak sendiri, virus membutuhkan tempat hidup yang disebut inang untuk berkembang biak dan memperbanyak diri. Virus juga mengambil makanan dari sel inang yang dijangkiti untuk mempertahankan hidupnya.

Virus merupakan parasit obligant intraseluler yang artinya adalah makhluk hidup yang bersifat parasit saat berada pada sel inangnya, karena sifat parasit inilah maka virus bisa sangat berbahaya. Bukan hanya pada manusia, tetapi juga pada organisme lainnya seperti hewan dan tumbuhan.

Ukuran dari virus sangat kecil sekali, untuk melihat struktur tubuh virus diperlukan sebuah mikroskop elektron sebagai alat bantu. Mikroskop elektron bisa melihat dengan jelas struktur tubuh virus yang hanya berukuran antara 10-30 nanometer lebih kecil dari ukuran tubuh bakteri. Struktur virus atau partikel lengkap penyusun virus disebut dengan virion yang diselubungi oleh protein pembungkus bernama kapsid
.
Itulah pengertian virus dalam ilmu biologi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan posting kali ini, diperlukan kajian virologi lebih mendalam untuk lebih mengenal virus dan sifat-sifat virus sebagai parasit. Semoga postingan pengertian virus diatas bisa bermanfaat untuk anda semuanya, jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini lagi dilain kesempatan yang anda miliki. Salam.

Illustrasi gambar virus : jupiterimages.com

GD Star Rating
loading...
Pengertian Virus dalam Ilmu Biologi, 5.7 out of 10 based on 3 ratings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *