Advertisement

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Advertisement

Penyakit pada sistem peredaran darah – Peredaran darah memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, karena dengan peredaran darah seluruh sel yang ada di dalam tubuh manusia bisa menyerap makanan dan oksigen. Selain itu sistem peredaran darah pada manusia juga berfungsi untuk membawa zat-zat sisa hasil metabolisme ke luar dari tubuh melalui organ-organ ekskresi.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang jenis-jenis kelainan atau penyakit pada sistem peredaran darah manusia, untuk menambah wawasan anda semua tentang peredaran darah yang sangat penting bagi kehidupan anda. Dan agar anda bisa mengetahui apa saja istilah-istilah yang berkaitan dengan penyakit pada sistem peredaran darah.

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Dibawah ini adalah kelainan atau penyakit yang biasanya menyerang peredaran darah manusia

1. Anemia, adalah penyakit yang disebabkan kurangnya sel-sel darah merah yang biasanya disebabkan berkurangnya kadar hemoglobin ataupun zat besi dalam darah. Anemia bisa disebabkan karena kecelakaan yang menyebabkan darah banyak keluar, kanker darah, infeksi cacing tambang, dan malaria.

2. Hemofili, merupakan penyakit turunan secara genetik yang ditandai dengan darah sulit membeku jika terjadi luka.

3. Leukemia, adalah penyakit sistem peredaran darah yang ditandai dengan jumlah sel-sel darah putih berada diatas rata-rata (kurang lebih 500.000/mm^3 darah) hal tersebut dikarenakan pembelahan sel yang tidak terkendali.

4. Talasemia, adalah kelainan pada sistem peredaran darah yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan sel-sel darah merah mengikat olsiges dan karbondioksida akibat bentuknya yang tidak beraturan.

5. Leukopeni, merupakan penyakit sistem peredaran darah yang ditandai dengan berkurangnya jumlah sel-sel darah putih (kurang lebih 3.000/mm^3), biasanya akibat serangan penyakit tifus.

6. Hipertensi, adalah penyakit pada sitem peredaran dah manusia yang ditandai dengan tekanan darah jauh diatas rata-rata normalnya (diatas 140 mmHg).

7. Hipotensi, adalah penyakit atau kelainan pada sistem peredaran darah yang ditandai dengan tekanan darah berada jauh di bawah rata-rata (di bawah 100 mmHg).

8. Hemoroid, penyakit sistem peredaran darah ini biasa disebut juga dengan wasir, yang diakibatkan pelebaran pembuluh balik di sekitra anus akibat terlalu banyak duduk, kurang bergerak, atau terlalu kuat mengejan.

9. Varises, merupakan kelainan sistem peredaran darah pada manusia yang disebabkan oleh pelebnaran pembuluh balik (vena) sehingga tampak membesar dan menonjol di permukaan kulit.

10. Aterosklerosis, adalah penyakit pada sistem peredaran darah yang disebabkan pengerasan pembuluh nadi karena adanya endapan lemak.

11. Arteriosklerosis, hampir sama dengan Aterosklerosis hanya saja yang menjadi penyebabnya adalah endapan zat kapur.

12. Miokarditis, merupakan penyakit sistem peredaran darah karena peradangan otot jantung.

13. Edema, adalah penyakit sistem peredaran darah pada manusia yang disebabkan pembengkakan jaringan akibat penimbunan cairan limfa yang disebabkan peningkatan produksi cairan limfa atau penyumbatan pembuluh limfa.

Itulah beberapa penyakit atau kelainan pada sistem peredaran darah manusia yang bisa anda jadikan referensi untuk belajar dan menmbah pengetahuan seputar sistem peredaran darah manusia.

Semoga bermanfaat bagi anda semua pengunjung blog berbagi informasi dan tips terbaru ini, jangan lupa buat bermanfaat juga bagi orang-orang terdekat anda dengan cara mengklik tombol share dan suka yang berada di samping kiri artikel ini.

Illustrasi gambar Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia : gettyimages

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply