Advertisement

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer – Untuk membangun sebuah jaringan komputer baik yang menggunakan kabel (wireline) maupun tanpa kabel (wireless) dibutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan pada Personal Computer (PC) yang akan di sambungkan ke dalam jaringan komputer. Selain itu perangkat keras pendukung untuk membangun sebuah jaringan komputer juga sangat dibutuhkan agar nantinya semua PC client yang terhubung dalam jaringan bisa berkomunikasi dengan baik.

Pada postingan kali ini blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru akan membahas tentang perangkat keras jaringan komputer yang dibutuhkan untuk membangun Local Area Network (LAN) dan Wireless Local Area Network (W-LAN)

Perangkat Keras Jaringan Komputer pada LAN

Pada jaringan komputer LAN semua komputer yang ada saling terhubung dengan menggunakan media kabel twisted pair yang masing-masing kabel pada setiap komputer dibubungkan pada sebuah kosentrator bernama hub atau switch, berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang perangkat keras jaringan komputer pada LAN.

perangkat keras jaringan komputer Perangkat Keras Jaringan Komputer

1. Komputer server
Komputer server dibutuhkan untuk menyediakan resource sharing bagi komputer client, keberadaan komputer server ini tidak harus ada dalam suatu LAN, tetapi jika LAN tersebut digunakan untuk kepentingan resource sharing dan pusat data maka komputer server ini harus ada, untuk melayani permintaan data dari komputer client. Biasanya komputer server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan komputer client

2. Kabel twisted pair
Pada LAN keberadaan perangkat jaringan komputer ini wajib ada, fungsinya sebagai media transmisi data antara komputer satu dengan yang lainnya, ada dua jenis kabel twisted pair yang biasa dipakai yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan Utp (Unshielded Twisted Pair) kabel STP dengan memiliki pembungkus tambahan di dalammnya dan biasanya digunakan sebagai kabel outdoor (luar ruangan). Sedangkan kabel UTP tidak memiliki pembungkus tambahan di dalamnya biasanya digunakan di dalam ruangan.

3. Konektor RJ 45
Perangkat keras jaringan komputer ini berfungsi sebagai konektor pada kabel twisted pair, konektor yang nantinya akan di colokkan pada NIC (Network Interface Card) komputer dan ke hub atau switch. Ada dua teknik saat memasang konektor RJ 45 ini ke kabel twisted pair yaitu, teknik cross dan straight, dimana pada masing-masing teknik berbeda urutan warna kabelnya.

4. NIC (Network Interface Card)

Perangkat keras ini perlu ada pada setiap komputer yang terhubung dengan jaringan LAN, fungsinya sebagai antarmuka (interface) komunikasi data antar komputer yang satu dan yang lainnya. Biasanya NIC sudah tersedia pada motherboard komputer (Onboard), NIC juga bisa ditambahkan pada slot PCI yang tersedia di motherboard komputer.

5. Crimping Tool
Crimping tool merupakan perangkat keras untuk membangun sebuah jaringan komputer LAN, crimping tool dibutuhkan oleh teknisi jaringan komputer untuk memasang konektor RJ 45 pada kapel twisted pair.

6. Network Tester
Perangkat keras jaringan komputer ini berfungsi untuk mengecek sambungan kabel twisted pair dengan konektor RJ45 dari ujung ke ujung. Dengan menggunakan network tester akan diketahui pada urutan keberapa kabel twisted pair salah di sambungkan ke konektor RJ45.

7. Hub atau Switch
Hub dan switch berfungsi sebagai kosentrator jaringan komputer, semua kabel twisted pair dari komputer akan mengarah ke hub dan switch. Perbedaan antara hub dan switch terletak pada cara kerjanya, jika hub sistem komunikasi yang digunakan half duplex (bergantian) sedangkan switch sistem komunikasi yang digunakan adalah full duplex (bersamaan). Selain itu kelebihan switch daripada hub adalah switch mampu memetakan mac address dari setiap NIC yang ada pada komputer sehingga tabrakan data (Collision) yang biasa terjadi pada hub tidak akan terjadi pada switch

8. Router
Router berfungsi untuk mencari arah tujuan dari komunikasi data di dalam jaringan komputer, sebuah router juga bisa berfungsi sebagai DHCP server yaitu pemberi IP Address otomatis pada setiap komputer yang terhubung dengan jaringan komputer

Itulah beberapa perangkat keras jaringan komputer untuk Local Area Network, sedangkan perangkat keras yang dibutuhkan pada jaringan komputer berbasis Wireless Local Area Network hampir sama dengan perangkat keras jaringan komputer untuk LAN dengan tambahan perangkat jaringan seperti dibawah ini.

Perangkat Keras Jaringan Komputer pada W-LAN

1. Acces Point
Access Point merupakan perangkat keras utama dalam ajringan wireless, fungsinya untuk memancarkan sinyal radio yang disebut wifi, sinyal wifi inilah yang nantinya akan dijadikan media transimis komunikasi data antar komputer

2. Wifi Adapter
Wifi adapter atau wireless adapter digunakan pada sisi komputer client, fungsinya untuk menangkap sinyal radio yang dipancarkan oleh access point, wifi adapter ada yang berbentuk card dan ada pula yang berupa usb adapter.

3. Antena
Baik disisi pemancar maupun penerima perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, disisi pemancar digunakan untuk memperkuat sinyal radio yang dipancarkan biasanya pada sisi pemancar digunakan antena omnidirectional dengan sudut pancaran 360 derajat.

4. Tower
Untuk skala jaringan wireless yang lebih luas dibutuhkan sebuah tower yang tinggi sebagai tempat antena. Fungsinya adalah agar daya pancar yang dipancarkan oleh antena pemancar bisa menjangkau daerah yang lebih luas.

Itulah ulasan dari perangkat keras jaringan komputer yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer berbasis LAN maupun W-LAN, semoga bermanfaat untuk anda semua yang sedang mencari materi tentang perangkat jaringan komputer. Salam.

Ilustrasi gambar : gettyimages.com

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply