Advertisement

Sistem Pencernaan Pada Manusia

Advertisement

Sistem Pencernaan Pada Manusia – Sistem pencernaan pada manusia meliputi empat tahap pengolahan makanan yang sudah dikonsumsi. Tahapan tersebut adalah ingesti, digesti, absorbsi dan egesti atau eliminasi. Pada tahap ingesti sistem pencernaan pada manusia di tandai dengan aktivitas memakan dan memasukkan makanan ke dalam mulut, biasanya ingesti disebut juga dengan menelan. Setelah tahap ingesti selesai sampai pada tahap selanjutnya yaitu Digesti. Digesti merupakan proses perombakan makanan yang tadi nya dimasukkan kedalam mulut menjadi molekul-molekul kecil yang bisa terserap oleh tubuh, digesti inilah yang biasanya disebut dengan pencernaan.

Sistem pencernaan pada manusia selanjutnya adalah proses absorbsi atau pengolahan makanan pada tahapan ini makanan yang dicerna oleh manusia akan mulai diserap oleh usus halus dan akan melewati proses sirkulasi darah sebelum masuk ke jaringan tubuh. Sisa-sisa makanan yang tidak dapat diserap oleh usus halus akan melalui tahap akhir dari sistem pencernaan yaitu egest. Pada tahap egesti inilah semua sisa makanan yang bercampur dengan sel-sel yang telah mati dan bakteri dikeluarkan oleh tubuh berupa feses melalui anus.

Sistem pencernaan pada manusia dibedakan menjadi dua yaitu sistem pencernaan mekanik dan sistem pencernaan kimiawi. Sistem pencernaan mekanik dilakukan oleh mulut dan lidah pada tahap ingesti sedangkan sistem pencernaan kimiawi dilakukan oleh enzim-enzim yang berada didalam usus halus dan lambung pada tahap absorbsi.

Untuk lebih mengenal sistem pencernaan pada manusia secara gamblang anda harus mengetahui organ-organ atau bagian-bagian tubuh yang terlibat pada sistem pencernaan itu sendiri. Berikut ini adalah bagain-bagian tubuh yang berperan dalam sistem pencernaan pada manusia.

sistem-pencernaan

Sistem Pencernaan Pada Manusia

1. Mulut
Semua makanan dan minuman yang dikonsumsi manusia terlebih dahulu harus melalui mulut terlebih dahulu. Didalam mulut sendiri terdapat gigi, lidah, serta kelenjar ludah. Untuk mendukung sistem pencernaan pada manusia. Gigi manusia diciptakan dalam empat tipe, yaitu gigi seri yang berfungsi untuk menggigit, dan memotong makanan. Gigi taring yang berfungsi untuk menyobek makanan yang masuk kedalam mulut dan gigi geraha yang berfungsu untuk mengunyak dan melumat makanan. Kelenjar ludah yang terletak ddalam mulut berfungsi untuk untuk menghasilkan ludah. Sedangkan lidah berguna sebagai perasa makanan dan pengaduk makanan yang masuk melalui mulut.

2. Kerongkongan
Kerongkongan (esofagus) berperan penting untuk menunjang lancarnya sistem pencernaan pada manusia. Kerongkongan merupakan saluran yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Saat makanan melewati proses ingesti makanan akan diremas-remas oleh kerongkongan sehingga bisa terdorong masuk ke dalam lambung (gerak peristaltik).

3. Lambung
Bagian selanjutnya yang berperan penting untuk sistem pencernaan pada manusia adalah lambung (Ventrikulus). Lambung pada manusia terdiri dari tiga bagian yaitu Kardia, fundus, dan pilorus. Kardia merupakan bagian atas lambung yang posisinya ada di dekat organ hati. Sedangkan Fundus merupakan bagian tengah lambung yang mempunyai bentuk membulat dan menghasilkan getah lambung. Pilorus merupakan bagian lambung yang berhubungan langsung dengan usus dua belas jari.

4. Usus halus
Usus halus (intestinum Tenue)pada sistem pencernaan manusia mempunyai panjang sekitar 8,25m yang terdiri atas tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum) yang memiliki panjang 25 cm. Usus kosong (yeyunum) yang memiliki panjang 7 m, dan usus penyerapan (ileum)sepanjang 1 m. Di usus dua belas jari terdapat saluran yang berasal dari kantong empedu duktus hepatikus serta salurang yang berasal dari pankreas duktus sistukus.

5. Usus besar
Usus besar (Intestinum Krasum) pada manusia terdiri dari sekum (usus buntu), apendiks (umbai cacing), kolon dan rektum tetapi yang dikenal sebagai usus besar secara umum adalah kolon. Panjang usus besar pada manusia bisa mencapai 1,5 meter yang diawali dengan sekum dan diakhiri oleh apendiks. Didalam usus besar terdapat bakteri E. Coli yang berfungsi untuk membantu pembusukan di dalam usus besar dan pembentukan vitamin K.

6. Anus
Anus berfungsi sebagai lubang pengeluaran dan pembuangan sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dan disebut sebagai feses.

Itulah ulasan sistem pencernaan pada manusia yang bisasa saya smpaikan pada kesempatan posting kali ini di blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru. Semoga bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari artikel tentang Sistem Pencernaan Pada Manusia, jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan yang anda miliki. Salam.

Illustrasi gambar sistem pencernaan pada manusia : jupiterimages.com

Advertisement

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia

Leave a Reply