Advertisement

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Yang Harus Anda Ketahui

Advertisement

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia – Tubuh manusia merupakan desain sempurna yang di ciptakan oleh Allah SWT. Salah satu keunikan dari desain tubuh manusia terletak pada desain sistem peredaran darahnya. Fungsi utama dari sistem peredaran darah adalah untuk mengedarkan zat makanan beserta oksigen ke seluruh sel yang berada dalam tubuh manusia dan juga berfungsi untuk membawa zat-zat sisa metabolisme tubuh ke organ-organ eksresi yang di miliki oleh manusia.

Mungkin banyak dari anda pengunjung setia blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru ini yang belum tahu persis gambaran dari sistem peredaran darah pada manusia ini. Pada kesempatan posting kali ini penulis akan menyajikannya secara lengkap dan jelas kepada anda setelah beberapa waktu yang lalu penulis juga sempat memposting artikel tentang Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah.

Sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari dua komponen penting yaitu Darah itu sendiri dan alat peredaran darah, oke kita bahas satu persatu dua komponen penting tersebut.

Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

sistem peredaran darah pada manusia

1. Darah
Darah pada tubuh manusia disusun oleh sel-sel darah dan plasma darah, sel-sel darah berbentuk padat sebanyak 45% sedangkan plasma darah berbentuk cair sebanyak 55%. Plasma darah bahan intinya adalah air, sehingga komponen yang paling banyak menyusun plasma darah adalah air. Selain air plasma darah juga mengandung protein yang tersusun atas albumin, globulin, dan fibrinogen.

Sedangkan sel-sel darah yang terdapat pada sistem peredaran darah manusia terdiri dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit (keping darah).
Pada sistem peredaran darah manusia darah memiliki peranan penting seperti mengangkut zat makanan dan oksigen ke seluruh tubuh, mengangkut sisa metabolisme ke organ eksresi, pengangkut hormon, pengangkut ion garam, pertahanan tubuh dan berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh.

2. Alat peredaran darah
Alat peredaran darah pada manusia terdiri atas jantung dan Pembuluh Darah, kita bahas satu persatu saja alat-alat peredaran ini agar lebih jelas dan anda bisa mengerti konsep peredaran darah dengan sempurna.

Jantung
Jantung memiliki peranan yang tidak kalah pentinggnya dalam sistem kehidupan manusia termasuk didalam sstem peradaran darah manusia. Jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah terletak di dalam rongga dada berada tepat diatas diafragma. Jantung sendiri tersusun atas perikardium, miokardium, dan endokardium.

Pembuluh Darah
Pembuluh darah pada sistem peredaran darah manusia berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan darah yang berasal dari jantung dan darah yang menuju jantung. Pembuluh darah sendiri dibedakan menjadi tiga sesuai dengan fungsinya masing-masing yaitu pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh rambut (kapiler).

Itulah sistem peredaran darah pada manusia yang memiliki banyak keajaiban, semoga bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencari informasi tentang sistem peredaran darah, baik itu untuk makalah, penelitian, maupun tugas dari sekolah. Semoga bermanfaat jangan lupa berkunjung kembali ke blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru di lain kali kesempatan yang anda miliki.

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia