Advertisement

Tips Berhenti Merokok Di Bulan Ramadahan

Advertisement

Tips Berhenti Merokok Saat Puasa – Bulan Ramadhan sudah hampir tiba, bulan suci yang dinanti-nanti oleh umat Islam seluruh dunia sudah semakin mendekat. Ibadah puasa akan kembali dijalani, puasa dari makan dan minum serta hawa nafsu. Bagi perokok berat datangnya bulan Ramadhan menandakan bukan hanya harus puasa makan dan minum saja tapi juga harus puasa merokok. Kendati berat mau tidak mau aktivitas merokok pada siang hari di bulan Ramadhan harus dihindari jika tidak maka puasanya batal

Bagaimana sebenarnya agar kuat puasa tanpa harus merokok disiang hari, pertanyaan semacam ini sering terlontar dari mulut seorang perokok berat yang merasa berat menghentikan aktivitas merokoknya. Tips berhenti merokok saat bulan ramadhan dibawah ini yang sudah dirangkum oleh blog Berbagi Informasi dan Tips Terbaru mungkin bisa membantu.

Tips Berhenti Merokok Di Bulan Ramadhan

Tips Berhenti Merokok Selama Bulan Ramadhan
Sumber : publicdomainpictures.net

Menyadari bahwa sudah kuat tidak merokok mulai dari selesai sahur sampai berbuka

Tips berhenti merokok ini sangat penting, kebanyakan para perokok berat tidak sadar bahwa sebenarnya mereka kuat untuk tidak merokok selama selesai sahur sampai waktu berbuka puasa tiba. Yang perlu ditanamkan dalam benak perokok untuk berhenti merokok adalah jika dari sahur sampai berbuka kuat tidak merokok maka dari berbuka sampai sahur pasti juga bisa tidak merokok. Jangan malah balas dendam selesai berbuka langsung merokok sebanyak-banyaknya.

Menanamkan niat kuat untuk berhenti merokok

Ada baiknya dibulan yang suci menanamkan niat kuat untuk berhenti merokok selamanya, karena niat yang kuat akan berpengaruh kepada perilaku dan kebiasaan terutama kebiasaan merokok. Dengan niat yang kuat pula godaan-godaan yang muncul dan mengajak merokok kembali bisa ditepis. Jadi niat berhenti merokokmemegang peranan penting bagi perokok berat yang ingin berhenti merokok.

Perbanyak aktivitas setelah berbuka

Setelah selesai menyantap buka puasa lakukan aktivitas-aktivitas yang bisa melupakan atau mengenyampinkan keinginan merokok. Aktivitas-aktivitas rutin di bulan Ramaadhan seperti sholat tarawih, tadarrus Al Quran, dan itikaf di masjid perlu dilakukan agar bisa berhenti merokok dan mengurangi keinginan untuk merokok.

Hindari orang merokok setelah berbuka puasa

Menghindari orang-orang merokok setelah berbuka puasa merupakan tips manjur untuk berhenti merokok, dengan tidak mendekati para perokok sementara waktu keinginan untuk merokok pun bisa dilawan, dan niat anda untuk berhenti merokok pasti akan sukses.

Tidak merokok setelah bulan Ramadhan berlalu

Agar bisa berhenti merokok selamanya alangkah baiknya tidak mengulangi kebiasaan merokok setelah bulan Ramadhan berlalu. Kuatkan keinginan untuk benar-benar ingin berhenti merokok.

Itulah beberapa tips berhenti merokok selama bulan Ramadhan dengan berhenti merokok selama bulan Ramadhan akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan lingkungan anda, Selamat mencoba dan semoga sukses berhenti merokok.