Advertisement

Tips Membuat Laptop Ngadat Ngacir Lagi

Advertisement

Tips Membuat Laptop Ngacir Lagi – Laptop merupakan barang penting yang harus dirawat dengan baik, karena dengan semakin baiknya perawatan yang baik serta rutin akan membuat laptop menjadi teman kerja yang baik. Bayangkan jika laptop yang diharapkan bisa menjadi teman baik saat bekerja tiba-tiba ngadat. Pasti akan membuat kepala anda pusing tujuh keliling.

Kebanyakan para pengguna laptop jarang memperhatikan kondisi laptopnya, dipaksa bekerja berjam-jam setiap hari tetapi kebutuhan pokok laptop jarang diperhatikan seperti kebutuhan update driver, update anti virus, dan yang terpenting adalah update sistem operasi.

Tak ayal lagi laptop yang dulu baru dibeli bisa diajak ngebut untuk bekerja sekarang jalannya sangat lambat seperti keong yang berjalan. Seperti yang dilansir oleh Detikinet bahwasanya perusahaan softaware anti virus Avast mencatat permasalahan laptop yang mendadak menjadi lambat kinerjanya bukan karena masalah hardware melainkan masalah software dan sistem.

Tips membuat laptop ngadat ngacir lagi

Ada empat faktor yang akan mempengaruhi kinerja sebuah laptop yaitu perangkat lunak atau software, driver yang kadaluwarsa, penyimpanan data yang amburadul pada harddisk, dan laptop yang terlalu panas. Pada kesempatan kali ini mari kita telaah satu-persatu empat faktor yang sering menjadi penyebab laptop menjadi loyo tersebut.

Masalah perangkat lunak

Semakin banyak perangkat lunak atau aplikasi yang ada pada laptop anda tentunya akan semakin mengurangi performa dari laptop yang anda gunakan. Lebih bijaklah memilih perangkat lunak yang akan anda gunakan sehari-hari, hapus aplikasi yang jarang digunakan agar performa laptop anda bisa lebih oke dan dapat ngacir lagi.

Driver yang kadaluwarsa

Fungsi driver pada sistem operasi yang digunakan oleh laptop adalah untuk menjembatani antara perangkat keras yang ada pada laptop dengan sistem operasi yang sedang berjalan. Jika sebuah driver sudah kadaluwarsa maka secepatnya harus segera diperbarui. Sebab kinerja perangkat keras tidak akan optimal jika driver yang digunakan sudah usang.

Biasanya driver yang menuntut pembaruan adalah driver yang digunakan oleh kartu pengolah grafis atau VGA. Jadi pastikan driver VGA anda yang terpasang pada sistem operasi merupakan versi terbaru dan dirilis secara resmi oleh produsen VGA.

Penyimpanan data yang amburadul pada harddisk

Penyimpanan data yang amburadul pada harddisk juga dapat membuat performa laptop menurun kinerjanya. Data yang penempatannya amburadul pada harddisk atau disebut cluttered disk akan menempati ruang yang jaraknya saling berjauhan atau disebut dengan fragmentasi.

Untuk mengatasi masalah fragmentasi tersebut bisa dengan cara melakukan defragmentasi pada harddisk anda di semua cluster. Agar data yang amburadul bisa disusun rapi kembali dan performa laptop anda pun juga semakin meningkat dan mau diajak ngacir lagi.

Selain melakukan defrag anda bisa menghapus file-file yang tidak digunakan lagi didalam laptop seperti file log yang tersembunyi, temporary file dan lainnya dengan menggunakan aplikasi cleanup buatan pihak ketiga.

Laptop yang terlalu panas

Overheating biasanya disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancar dari dalam laptop menuju keluar laptop. Debu atau kotoran yang menempel pada saluran udara laptop menjadi penyebab utamanya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda secara rutin memperhatikan kebersihan laptop anda terutama pada saluran udaranya.

Itulah beberapa ulasan untuk membuat laptop ngacir lagi performanya yang mungkin bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar anda mengenai pengalaman menarik mengatasi laptop yang tidak mau ngacilr lagi.

Blogger Tinggal di Bondowoso - Jawa Timur - Indonesia